Ruang Lingkup Profesi Aktuaris

Untuk menjadi aktuaris, diperlukan setidaknya beberapa kemampuan di bawah ini:

  1. Kemampuan matematis yang baik, seperti kalkulus, statistika, probabilitas.
  2. Kemampuan menyelesaikan masalah, daya analisis yang baik, dan project management
  3. Memiliki wawasan bisnis yang baik: keuangan, akuntansi, ekonomi
  4. Kemampuan komunikasi, baik oral maupun tulis
  5. Kemampuan komputasi, seperti spreadsheet, program statistika, database, dan bahasa pemrograman.

Aktuaris adalah profesional dengan karakteristik persobal sebagai berikut:

  • Motivasi pribadi yang kuat
  • Kreatif
  • Berdikari
  • Mampu bekerja sama dengan orang lain
  • Mempunyai ambisi yang kuat

Personality seperti tersebut di atas setidaknya harus dipunyai bagi calon aktuaris untuk dapat menjadi aktuaris yang baik. Disamping itu untuk menjadi aktuaris yang handal, calon harus mempunyai passion dalam penyelesaian masalah yang rumit, suka menulis dan komunikasi dengan orang lain, dapat bekerja efektif, baik sendiri maupun dalam tim, dan memiliki ketertarikan untuk mengikuti perkembangan dinamika sosial, politik, dan self-motivated achiever.

Ruang lingkup jasa aktuaria meliputi:

  1. pembuatan pernyataan aktuaria terkait produk asuransi;
  2. penentuan liabilitas berupa cadangan perusahaan asuransi, dana pensiun, jaminan sosial dan perusahaan lainnya yang memandatkan penggunaan teknik aktuaria;
  3. pemberian pendapat atas perhitungan liabilitas yang memandatkan penggunaan teknik aktuaria; dan
  4. jasa lainnya terkait aktuaria sesuai dengan SPA dan peraturan perundang-undangan

Berdasarkan lingkup pekerjaannya, aktuaris dapat digolongkan menjadi beberapa macam.  Walaupun tentu saja wilayah kerja akan sangat bergantung pada organisasi perusahaan atau instansi dimana aktuaris bekerja. Pada beberapa tempat perbedaan pada beberapa golongan yang tersebut di bawah ini terlihat lebih cair, di beberapa yang lain bisa jadi lebih luas lagi.

Aktuaris Valuasi

Cadangan adalah salah satu bagian yang penting dalam kestabilan keuangan jangka panjang perusahaan. Karena perusahaan asuransi digerakkan oleh kejadian yang tak tentu dalam waktu maupun jumlah, sehingga mereka harus menyisihkan sebagian aset mereka dengan kemungkinan paling besar dapat mencukupi kebutuhan pembayaran klaim dan biaya di masa yang akan datang. Tugas dari aktuaris valuasi adalah menentukan dengan benar besaran aset yang harus disisihkan tersebut.

Aktuaris Pricing

Aktuaris Pricing bertanggung jawab atas besaran uang yang sangat mungkin perusahaan kumpulkan atas suatu produk. Produk tersebut dapat berupa asuransi jiwa, yang menjanjikan pembayaran tertentu atas kematian, anuitas yang menjanjikan pembayaran berkala pada periode waktu tertentu jika masih hidup, atau produk asuransi kesehatan yang memberikan penggantian atas biaya pengobatan, dll. Aktuaris pricing biasanya menggunakan asumsi yang sama dengan aktuaris valuasi dalam menentukan harga asuransi untuk kekonsistenan.

Konsultan

Aktuaris konsultan banyak beraktifitas dengan memberikan jasa konsultansi di bidang aktuaria. Jenis layanan konsultan aktuaria dapat berupa valuasi cadangan produk asuransi, penentuan besaran iuran atas manfaat pensiun pada program pendanaan pensiun, perancangan program pensiun, penentuan kewajiban imbalan kerja sesuai PSAK 24 untuk laporan keuangan, dll.

Aktuaris Dana Pensiun

Aktuaris yang bekerja di program pendanaan pensiun atau perusahaan dana pensiun banyak melakukan aktifitas pricing dan valuasi produk pensiun dan THT, seperti misalnya perhitungan liabilitas manfaat polis masa depan (LMPMD), perhitungan proyeksi iuran, perhitungan proyeksi klaim, perhitungan proyeksi kecukupan dana, perhitungan unfunded past service liability, perhitungan manfaat pensiun, dll.

Aktuaris Finansial

Seiring dengan perkembangan sektor finansial dan teknologi yang kian pesat, di beberapa negara mulai muncul permintaan atas tenaga aktuaris yang bekerja di perusahaan non-asuransi dan dana pensiun. Salah satu contoh dari perusahaan yang memerlukan tenaga aktuaris adalah perusahaan fintech. Ruang lingkup kerja aktuaris yang bekerja disini diantaranya adalah membangun, menganalisa, dan menguji model pada sistem kartu kredit berbasis internet untuk meminimalkan risiko dan meningkatkan hasil investasi.