Profesi Aktuaris

Seseorang yang ahli di bidang aktuaria disebut aktuaris. Secara khusus aktuaris adalah profesional yang dipercaya mampu menterjemahkan kewajiban keuangan atas kejadian yang akan datang ke dalam kewajiban saat ini atau barisan kewajiban dalam kurun waktu tertentu. Tugas utama aktuaris adalah manajemen risiko, mereka biasanya ahli dalam hal:

  • Memperhitungkan kemungkinan munculnya kejadian di masa yang akan datang
  • Mendesain beberapa cara untuk mengurangi kemungkinan terjadinya event yang tak diinginkan,
  • Mengurangi dampak buruk dari kejadian yang tak diinginkan yang pasti akan terjadi.

Aktuaris adalah profesional terkemuka dalam menentukan cara untuk mengelola risiko Kemampuan yang dimilikinya merupakan gabungan dari kemampuan analitik yang baik, pengetahuan tentang bisnis, dan pemahaman tentang perilaku manusia dalam mengelola risiko yang kompleks masa kini.

Aktuaris biasanya bekerja di industri asuransi, dana pensiun, keuangan, perbankan, instansi pemerintah, dan pendidikan. Di Indonesia, karena jumlahnya yang sedikit, ia masih didominasi oleh industri asuransi, baik asuransi jiwa maupun asuransi umum.

Aktuaris biasanya terwadahi dalam satu atau beberapa organisasi profesi yang menaunginya. Organisasi aktuaris di Indonesia adalah Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI). PAI menaungi semua aktuaris di Indonesia yang bekerja di semua lini, baik asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan umum, dana pensiun, maupun konsultan. Di beberapa negara lain hal ini tidak selalu terjadi. Di Amerika Serikat misalnya, disana terdapat dua asosiasi aktuaris yaitu Society of Actuaries (SoA) dan Casualty Actuarial Society (CAS). CAS mewadahi aktuaris yang bekerja di asuransi umum (casualty) sedangkan SoA meskipun secara organisasi lebih umum, tetapi warna yang dibangun lebih ke asuransi jiwa. Organisasi profesi tersebut yang nantinya menentukan kompetensi aktuaris di wilayahnya, melaksanakan ujian kompetensi, memberikan sertifikasi dan gelar profesi, dan membuat program pengembangan profesi. Di Indonesia, ujian kompetensi aktuaris diselenggarakan oleh PAI. Informasi mengenai ujian dan saran urutannya dapat dibaca lebih lanjut disini.