Wujudkan Program 1000 Aktuaris, AXA Mandiri & AXA Gandeng UGM

AXA Mandiri & AXA menjalin kerjasama dengan UGM dalam pengembangan aktuaris di Indonesia. Pada 29 November 2016, telah ditandatangani nota kesepahaman oleh Country CEO AXA Indonesia Paul-Henri Rastoul, Presiden Direktur AXA Mandiri Financial Services Jean Philippe Vandenschrick, serta Dekan Fakultas Ilmu Matematika dan Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM Prof. Dr. Triyono, S.U. yang disaksikan oleh Deputi Komisioner OJK IKNB I Edy Setiadi, Ketua Umum PAI Rianto Djojosugito, dan Regional CEO VII/Jawa 2 Bank Mandiri Maqin U Norhadi dan Wakil Rektor Bidang Kerja Sama UGM Dr. Paripurna P. Sugarda, S.H., L.L.M.

Program kerjasama AXA Mandiri & AXA meliputi program pendidikan profesi, magang dan kesempatan berkarir di AXA Mandiri & AXA, saling bertukar tenaga pengajar dan praktisi sehingga terjadi sharing ilmu pengetahuan dan pengalaman, dan yang terakhir adalah program pengabdian masyarakat dengan menyelenggarakan sosialisasi literasi keuangan kepada murid-murid SMA, mahasiswa UGM serta masyarakat lokal di Yogyakarta. Langkah awal untuk mewujudkan program pendidikan profesi, magang, dan berkarir di AXA Mandiri & AXA adalah telah terpilihnya tujuh orang lulusan Departemen Matematika untuk menjalani program tersebut selama sembilan bulan. Program-program yang dicanangkan dalam kerjasama dengan UGM tersebut merupakan salah satu langkah yang ditempuh AXA Mandiri & AXA untuk mewujudkan program OJK yaitu mencetak 1000 aktuaris. Jumlah aktuaris di Indonesia sangatlah minim, hanya 400 orang sehingga jumlah tersebut masih sangat jauh dengan kebutuhan tenaga aktuaris di industri asuransi.

Selain penandatanganan nota kesepahaman, diadakan pula diskusi panel dengan tema “Industri Asuransi di Indonesia dan Mengembangkan Karir di Perusahaan Asuransi” yang diisi oleh IKNB OJK Ari Munandar yang membahas pentingnya profesi aktuaris di industri asuransi, Ketua Umum PAI Rianto Djojosugito yang membahas program kerja PAI dalam mendukung 1000 aktuaris, Presiden Direktur AXA Mandiri Jean-Phillippe Vandenschrick yang membahas peranan AXA Indonesia dalam mendukung 1000 aktuaris dan literasi keuangan, Direktur AXA Mandiri Tisye Diah Retnojati yang membahas karir di perusahaan asuransi, serta Ketua Departemen Matematika FMIPA UGM Dr. Gunardi, M.Si. yang membahas kurikulum penunjang profesi aktuaris. Seminar yang dihadiri oleh 200 peserta dan berlangsung selama 4 jam ini diharapkan dapat mengedukasi mahasiswa UGM untuk lebih mengenal literasi keuangan dan dunia asuransi (novi).